Bibit Aren

Rp7,500.00

Potensi pohon aren untuk pertanian indonesaia sangat besar

Deskripsi

Aren (Arenga Pinnata) Adalah Palma Serba Guna. Tanaman yang memiliki nama latin Arenga pinnatan  ini memiliki banyak sekali kegunaan. Nira merupakan hasil utama yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan gula, cuka atau bioethanol. Buah kolangkaling, pasti tidak asing dalam menu keseharian kita. Sabutnya ( ijuk ) di gunakan untuk berbagai keperluan seperti atap rumah, tali tambang, bahan pembuat sapu. Batangnya di gunakan juga sebagai penghasil sagu. Dan masih banyak lagi manfaat dan kegunaan lainnya.

Aren dapat tumbuh di daerah iklim basah hingga iklim kering, tumbuh secara soliter (Tunggal). Pada dasarnya aren merupakan tanaman yang dapat tumbuh di berbagai jenis tanah dengan ketinggian antara 0 – 1.500 m dpl. Dengan suhu rata-rata 25 ⁰C dan curah hujan rata-rata setahun 1.200 mm. Namun demikian, tanaman lebih menyukai pada ketinggian 500 – 1.200 m dari permukaan laut. Tumbuh baik pada tanah gembur, tanah vulkanis, dan tanah berpasir di tepian sungai. Pada iklim yang sesuai tanaman ini dapat mencapai umur 15 – 20 tahun.

Tanaman aren mulai belajar berbuah pada umur 7-9 tahun sejak di tanam. Cukup lama memang. Untuk menyiasati kerugian waktu ada baiknya penanaman Aren di tumpang sari dengan tanaman kayu, seperti albasia, mahoni atau gmelina arborea. Pada saat Aren mulai dewasa, tanaman kayu ini sdh bisa di panen pada umur 5 – 7 tahun.

Untuk keperluan bibit aren kami menyediakan berbagai ukuran. Bagi yang berminat silahkan order. Terimakasih.

 

 

 

Tinggalkan Balasan