Bibit Buah Nanas (Ananas comosus)

Rp5,000.00

Jual Bibit Buah Nanas

Deskripsi








Nama Varietas dan Ciri-Ciri Deskripsi Nanas

1. Nanas Red Spanish

Bibit Buah NanasNanas ini terutama dipelihara di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sifat-sifatnya merupakan perantara antara ‘Cayenne’ dan ‘Queen’. Daunnya panjang dan berduri, mengandung serat yang sangat kuat dengan regangan tinggi, Berat buahnya 0,9-1,8 kg, daging buahnya kuning pucat.

 

 

 

2. Nanas Subang

Bibit Buah NanasNanas subang banyak terdapat di sekitar Kecamatan Jalan Cagak, Subang, Jawa Barat. Nanas ini diunggulkan karena buahnya berukuran besar, rata-rata 3 kg per buah. Bahkan ada buah yang beratnya mencapai 5 kg. Kulitnya bermata buah datar, warnanya tetap hijau walaupun buahnya sudah matang. Daging buah berwarna putih hingga kuning pucat, berserat kasar, dan berair. Rasa daging buah kurang manis dan agak asam.

 

3. Nanas Queen

Bibit Buah NanasTerutama dipelihara di Australia dan Afrika Selatan. Semua bagian tanaman ukurannya lebih kecil daripada kelompok kultivar Cayenne; daunnya berduri; buahnya 0,5-1,3 kg, berdaging kuning keemas-emasan tua.

 

 

 

4. Nanas Palembang

Bibit Buah NanasNanas palembang memiliki ciri-ciri fisik yang mirip dengan nanas bogor, sehingga ada yang mengatakan bahwa nanas palembang merupakan subvarietas dari nanas bogor. Nanas ini disebut nanas palembang karena ditemukan di Palembang. Berat buahnya sekitar 1 kg per buah. Bila matang berwarna kuning, bermata buah kecil, dan berlekuk dalam. Daging buahnya manis dan hampir tanpa serat. Kandungan air buahnya sedikit serta teksturnya halus dan keras.

 

5. Nanas Cayenne

Bibit Buah NanasNanas cayenne bukan nanas asli Indonesia, melainkan hasil introduksi dari Cayenne (Eropa). Namun, nanas ini cocok ditanam di Indonesia sehingga sekarang telah menyebar di Indonesia. Ukuran buahnya sangat besar, yaitu sekitar 2,5 kg per buah. Bentuk buahnya silinder dengan bagian ujung lebih kecil dibanding bagian pangkal. Bila matang, kulit buah berwarna kuning oranye berbelang hijau dan bermata buah datar. Sedangkan daging buahnya berwarna kuning pucat sampai kuning bila matang. Dibanding dengan nanas bogor ataupun nanas palembang, rasa daging buah nanas ini agak asam, kandungan airnya lebih banyak, dan serat buahnya lebih kasar.

6. Nanas Bogor

Bibit Buah NanasSesuai dengan namanya, nanas bogor berasal dari bogor dan banyak ditanam di sekitar Gunung Salak. Nanas ini serimg juga disebut nanas nambo, karena jenis ini sangat terkenal di Desa Nambo, daerah sekitar Bogor. Buahnya kecil dengan berat 0,5-1 kg. Bila matang, kulit buahnya berwarna kuning dengan mata berlekuk dalam. Daging buahnya berwarna kekuningan, berserat halus, dengan rasa yang manis. Kandungan airnya sedikit sehingga teksturnya agak keras.

 

7. Nanas Blitar

Bibit Buah NanasNanas blitar sering juga disebut nanas kediri, karena nanas ini memang banyak dijumpai di Blitar maupun Kediri (Jawa Timur). Nanas ini bu:can hanya dikenal di daerah asalnya, tetapi juga r.elah menyebar sampai ke Jawa Tengah. Ukuran buahnya memang kecil, karena hanya sekitar 1 kg beratnya. Namun, nanas ini pantas diunggulkan karena daging buahnya memiliki rasa yang enak dan aroma yang harum. Daging buahnya berserat halus dan berkadar air sedikit. Kulit buahnya berwarna kuning tua bila telah matang dan bermata buah cekung ke dalam.

8. Nanas Abacaxi

Bibit Buah NanasNanas ini hanya dipelihara di Brazil untuk pasaran lokal. Pinggiran daunnya berduri. Berat buahnya 1,5 kg, dengan dagingnya berwarna kuning pucat.

Tinggalkan Balasan