Tanaman Buah Dalam Pot

JENIS TANAMAN YANG COCOK UNTUK TABULAMPOT

Tabulampot ( Tanaman Buah di Dalam Pot), bisa menjadi alternatif bagi sahabat yang punya hoby atau minat merawat tanaman tapi terkendala dengan lahan.

Dengan perawatan yang benar, tanaman di pot bisa berbuah dengan normal dan sekaligus jadi penghias halaman. Dapat dua manfaat, memetik buah dan menikmati keindahannya.

Salah satu kunci keberhasilan membuat TABULAMPOT yang baik, adalah memilih jenis tanaman yang tepat.  Salah satu ciri tanaman buah Pot yang bagus adalah bisa berbuah sepanjang tahun.

Berikut beberapa tanaman yang cocok untuk TABULAMPOT.

  1. Belimbing Manis (Averrhoa carambola). Belimbing termasuk tanaman yang berbuah sepanjang tahun, tidak mengenal musim, percabangan mudah dibentuk dan sangat cepat berbuah. Mulai bisa berbuah 5-6 bulan sejak di tanam.

  1. Jambu Air.(Syzygium aqueum). Jambu air punya percabangan yang bagus dan indah,dan mudah berbuah. Mulai berbuah pada umur 1.5 tahun sejak di tanam. Beberapa Varietas jambu air unggul antara lain: Citra, Madu deli, cincalo,Black diamond, dan Dalhari dll.

  1. Mangga (Manggifera indica). Mangga termasuk tanaman yang cocock untuk TABULAPOT karena mudah dibentuk, sehingga percabangannya sangat ideal mengikuti rumus 1:3:9:27. Makin Tua bentuknya makin bagus. Kelebihan lainnya mangga juga relatif lebih mudah diatur masa berbuahnya. Umur 2 tahun sejak tanam sudah bisa berbuah, dan selanjutnya bisa di atur. Beberapa varietas mangga yang cukup terkenal amtara lain : Manalagi, Dermayu, Okyong, Cokanan, Khioe saway, irwin, nam dok mai, Yuwen dll.

  1. Sawo ( Achras zapota). Sawo merupakan salah satu tanaman Pot yang banyak di sukai. Mudah berbuah dan berbuah sepanjang tahun. Mulai berbuah umur 1 tahun sejak dari tanam.                                                                       
  2. Asam Jawa ( Tamarindus indica). Asam jawa termasuk tanaman yang bagus untuk TABULAMPOT, bentuk batang,dan daunnya yang cantik menjadi salah satu daya tarik. Selain itu bila dalam kondisi berbuah nampak elok sekali. Lebih lebih bila yang di tanam sejenis asam manis ( sweet Tamarind). Asam jawa mulai berbua pada usia 2.5 tahun sejak dari tanam bibit cangkok.                                                                                                               
  3. Kedondong Mini (Evia dulcis ). Kedondong Mini atau dikenal kedondong Bangkok, memiliki ukuran buah relatif lebih kecil dari kedondong lokal. Kelebihan kedondong Mini ini berbuah tanpa musim. Setiap habis berbuah, cabangnya di pangkas. Pada saat keluar tunas sekaligus membawa bakal bunga. Begitu seterusnya. Itu sebabnya tanaman ini jadi pilihan untuk di tanam di Pot.                                                                                             
  4. Jambu Biji (Psidium guajava ). Jambu Biji merupakan salah satu tanaman yang disukai untuk tanaman Pot. Jambu biji mudah sekali tumbuh, dan bisa berbuah sepanjang tahun atau tidak mengenal musim. Beberapa varietas jambu biji yang banyak di cari antara lain :Varietas mega merah, varitas wijaya merah, jambu biji kristal dan jambu biji sukun. Jambu biji bisa berbuah dalam umur 8 bulan sejak ditanam.                                         
  5. Srikaya (Annona squamosa). Srikaya merupakan salah satu pilihan untuk tabulapot. Mudah tumbuh, dan berbuah sepanjang tahun. Rasa buah yang manis dengan aroma khas merupakan alasan beberapa penggemar menanam Srikaya.                                                                                                                                                                           
  6. Jeruk ( citrus sp ). Jeruk merupakan jenis tanaman yang paling banyak di sukai untuk TABULAMPOT. Pilihan jenisnya banyak, dan bisa berbuah sepanjang tahun. Beberapa jenis jeruk yang banyak di tanam di pot antara lain : jeruk valencia, jeruk Kip, Jeruk lemon, jeruk Bali ( Pamelo), jeruk sambal, jeruk nipis, jeruk purut, dan jeruk jeruk lainnya.                                                                                                                                                                

Itu tadi beberpa jenis tanaman yang kami rekomendasikan untuk tanam  di tanam di pot.

Selain jenis tanaman, faktor lain yang jadi  penentu keberhasilan TABULAPOT adalah : memilih ukuran Pot, Mengolah Media Tanam, dan Pemupukan. Hal ini akan saya sharing di kesempatan mendatang.

Bila ada yang kurang jelas atau ada yang perlu didiskusikan silahkan kirim email ke : admin@mutiaratani.com atau via WA ke 08777 0142 985 , secepatnya kami usahakan balas.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan